PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Dewi, Ni Putu Puspita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1617011046-COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1617011046-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1617011046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1617011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1617011046-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Populasi penelitian adalah kelas XI IPS berjumlah 94 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 63 siswa yakni 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sample menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes yaitu pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa. Sesuai dengan hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, learning together, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: NI PUTU PUSPITA DEWI
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:30
Last Modified: 11 Jul 2023 07:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item View Item