Wirayasa, I Kadek Sandika (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031342-COVER.pdf Download (796kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031342-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031342-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031342-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031342-BAB 3 METODEL0GI PENELITIAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031342-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031342-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031342-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031342-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Bangli yang berjumlah 164 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling atau teknik undian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 2 Bebalang yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD N 1 Bebalang yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPS siswa yang dikumpulkan dengan metode tes yang berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis (uji t). Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen yaitu M = 22,7 yang termasuk kriteria sangat tinggi, sedangkan siswa pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata M = 17,23 termasuk kategori sedang. Berdasarkan perhitungan dengan uji t didapatkan t hitung sebesar 4,88 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,010 dengan dk = 48 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | two stay two stray, mind mapping, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Sandika Wirayasa |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 00:53 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15545 |
Actions (login required)
View Item |