PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS 4 KECAMATAN TABANAN

Puspitawati, Ni Gusti Ayu Made Linda (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS 4 KECAMATAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031243-COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031243-ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031243-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031243-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 5 kelas dari 2 sekolah dengan jumlah siswa 170 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari siswa kelas IIIC SD Negeri 1 Dajan Peken sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 8 Dajan Peken sebanyak 27 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 6,4 dan ttabel = 1,67 untuk dk = n1+n2-2= 60 dengan taraf signifikansi 5%, karena thitung = 6,4 > ttabel = 1,67 H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi kelompok eksperimen X ̅ = 90,08 dan kelompok kontrol X ̅ = 80,48. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Tabanan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran concept sentence, media gambar, keterampilan menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Gusti Ayu Made Linda Puspitawati
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:58
Last Modified: 05 Jul 2023 00:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

View Item View Item