Puriasih, Made (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks berbantuan LKS Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011089-COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011089-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011089-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011089-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika dan harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika ternyata masih belum dikembangkan secara optimal dan proses pembelajaran juga tidak mendukung aktivitas siswa untuk secara aktif mempromosikan pengetahuan. Model yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah model Pair Checks berbantuan LKS Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Pair Checks berbantuan LKS Open-Ended. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Sampel dipilih sebanyak 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji-t diperoleh t-hitung adalah 2,428 dan t-tabel adalah 1,992. Sehingga t-hitung lebih dari t-tabel. H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks berbantuan LKS Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah, model pembelajaran pair checks, LKS open ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Made Puriasih |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 03:11 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |