Restiani, Ni Luh Dina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKEARIFAN LOKAL BALI DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031119-COVER.pdf Download (407kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031119-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (637kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031119-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (558kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031119-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan gaya kognitif terhadap literasi sains pada siswa Kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Bentuk eksperimen yang digunakan yaitu nonequivalent post-test only control group design, dengan desain faktorial 2×2. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data gaya kognitif siswa diperoleh menggunakan tes gaya kognitif MFFT, dan data literasi sains siswa diperoleh menggunakan tes literasi sains dalam bentuk pilihan ganda, yang kemudian dianalisis dengan uji anava dua jalur dan uji tukey. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil: 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali terhadap literasi sains dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan gaya kognitif terhadap literasi sains dengan nilai siginifikansi 0,038 < 0,05; 3) terdapat perbedaan literasi sains pada siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif antara yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan yang mengikuti model konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; dan 4) terdapat perbedaan literasi sains pada siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif antara yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan yang mengikuti model konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan gaya kognitif berpengaruh terhadap literasi sains pada siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Kearifan Lokal Bali, Gaya Kognitif, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Dina Restiani |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 23:53 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15573 |
Actions (login required)
View Item |