Agnevaswari, Luh Gede Pasek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTUAN TEKS NONFIKSI TERHADAP KOMPETENSI MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031250-COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031250-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031250-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031250-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031250-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031250-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031250-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031250-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031250-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran SQ3R berbantuan teks nonfiksi terhadap kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi sebanyak 376 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas V SD Negeri 2 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes uraian atau essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 19,300 yang berada pada kategori rendah, sedangkan rata-rata skor pre-test kelompok kontrol 17,438 yang berada pada kategori sedang. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 24,620 berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,521 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung = 9,338 dan Ftabel = 4,052 pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 46 adalah 4,052. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung = 9,388 > Ftabel = 4,052 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan model pembelajaran SQ3R berbantuan teks nonfiksi berpengaruh terhadap kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: SQ3R, Teks Nonfiksi, Kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Pasek Agnevaswari |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15582 |
Actions (login required)
View Item |