Pengaruh Metode Outbound Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Anak Kelompok B Di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020

Cahyani, Putu Gita Restu (2020) Pengaruh Metode Outbound Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Anak Kelompok B Di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511061048-COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511061048-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1511061048-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1511061048-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1511061048-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511061048-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1511061048-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511061048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511061048-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu tuntutan yang penting saat ini. Kreativitas akan menghasilkan suatu inovasi-inovasi baru dan perkembangan baru dalam suatu kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok yang diberikan metode outbound dan kelompok yang diberikan pembelajaran ekspositori pada anak kelompok B di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian pre-test and post-test control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Gugus I Kecamatan Sawan yang berjumlah 208 orang anak. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Widya Sesana Desa Sangsit yang berjumlah 26 orang anak, sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode outbound training. Dan anak-anak kelompok B TK Tujuh Belas Agustus Desa Bungkulan yang berjumlah 25 orang anak, sebagai kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Data hasil kemampuan berpikir kreatif anak dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara, yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui thitung sebesar 27,19 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 49 adalah 2,01. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hasil rata-rata post-test kelompok eksperimen 50,65 dan hasil rata-rata post-test kelompok kontrol 42,56, ini berarti hasil rata-rata kelompok eksperimen>hasil rata-rata kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok yang diberikan metode outbound dan kelompok yang diberikan pembelajaran ekspositori pada anak kelompok B di Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: outbound training, kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: outbound training, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Putu Gita Restu Cahyani
Date Deposited: 27 Feb 2020 10:22
Last Modified: 27 Feb 2020 10:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item