Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan

Dewi, I Gusti Agung Mas Widnya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031297-COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031297-ABSTRAK.pdf

Download (781kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031297-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031297-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031297-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031297-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031297-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031297-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031297-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 10 SD, yaitu sebanyak 256 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan pada siswa dalam bentuk tes uraian dan diberikan diakhir penelitian. Data skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung = 6,443 > ttabel = 1,674, dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, akibatnya H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbantuan GeoGebra pada kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan. Hal ini beralasan karena didukung oleh data empiris bahwa siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model SAVI berbantuan GeoGebra, lebih aktif dalam belajar, mampu mengingat dan memahami konsep dari materi yang telah dipelajari, serta mampu memahami dan menyelesaikan masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SAVI, GeoGebra, kemampuan pemecahan masalah matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Mas Widnya Dewi
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:28
Last Modified: 10 Jul 2023 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item