PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS IX DI SMP NEGERI 93 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Manissa, Athalla (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS IX DI SMP NEGERI 93 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021017-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021017-ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021017-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif, (2) mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif, dan (3) menguji efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik menggunakan model ADDIE pada mata pelajaran Prakarya untuk siswa kelas IX di SMPN 93 Jakarta. Jenis penelitian ini yaitu (1) penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan pengembangan sistematis. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Untuk teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa, (2) multimedia pembelajaran interaktif prakarya yang telah dibuat ini dinyatakan valid, hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media dengan persentase skor sebesar 92,20% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain media dengan persentase skor 91,40% dengan kualifikasi sangat baik, ahli isi dengan persentase skor 94,00% dengan kualifikasi sangat baik. Begitupun hasil validasi oleh peserta didik melalui uji coba perorangan dengan persentase 90,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 92,08% dengan kualifikasi sangat baik, (3) multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan efektif, karena dilihat dari hasil rata-rata pre-test 46,7 dan hasil rata-rata post-test 85. Kata Kunci: model ADDIE, pendekatan saintifik, multimedia interaktif, prakarya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, pendekatan saintifik, multimedia interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Athalla Manissa Aqilla Istigfarin
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:02
Last Modified: 14 Jul 2023 00:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item