Manissa, Athalla (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS IX DI SMP NEGERI 93 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021017-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021017-ABSTRAK.pdf Download (40kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021017-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif, (2) mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif, dan (3) menguji efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik menggunakan model ADDIE pada mata pelajaran Prakarya untuk siswa kelas IX di SMPN 93 Jakarta. Jenis penelitian ini yaitu (1) penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan pengembangan sistematis. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Untuk teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa, (2) multimedia pembelajaran interaktif prakarya yang telah dibuat ini dinyatakan valid, hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media dengan persentase skor sebesar 92,20% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain media dengan persentase skor 91,40% dengan kualifikasi sangat baik, ahli isi dengan persentase skor 94,00% dengan kualifikasi sangat baik. Begitupun hasil validasi oleh peserta didik melalui uji coba perorangan dengan persentase 90,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 92,08% dengan kualifikasi sangat baik, (3) multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan efektif, karena dilihat dari hasil rata-rata pre-test 46,7 dan hasil rata-rata post-test 85. Kata Kunci: model ADDIE, pendekatan saintifik, multimedia interaktif, prakarya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model ADDIE, pendekatan saintifik, multimedia interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Athalla Manissa Aqilla Istigfarin |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 00:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15692 |
Actions (login required)
View Item |