PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NOMOR 3 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Kadek, Flowerina Cristanza (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NOMOR 3 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031337-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031337-ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031337-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031337-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031337-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031337-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031337-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031337-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031337-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan kontekstual materi pengukuran sudut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga puluh satu siswa kelas IV SD Nomor 3 Dalung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan kontestual pada muatan pembelajaran Matematika di kelas IV SD dinyatakan valid berdasarkan: (a) hasil penilaian ahli rancang bangun berkualifikasi sangat baik (90%); (b) hasil penilaian ahli isi materi berkualifikasi sangat baik (92%); (c) hasil penilaian ahli desain berkualifikasi sangat baik (93%); (d) hasil penilaian ahli media pembelajaran berkualifikasi sangat baik (92%); (e) hasil penilaian uji perorangan berkualifikasi sangat baik (94%); (f) hasil penilaian uji kelompok kecil berkualifikasi sangat baik (92%). Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t univariat memperoleh hasil thitung = 5.43 untuk dk = 30 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,697. Hal ini menunjukkan thitung ≥ ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika pada materi pengukuran sudut sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan kontekstual lebih dari KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika khususnya materi pengukuran sudut siswa kelas IV SD Nomor 3 Dalung Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: addie, matematika, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Flowerina Cristanza Kadek
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:53
Last Modified: 11 Jul 2023 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item