PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERKEARIFAN LOKAL SATUA BALI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Suantara, Kadek Agus (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERKEARIFAN LOKAL SATUA BALI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041016-COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041016-ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041016-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041016-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan E-modul berkearifan lokal satua Bali pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD; (2) mengetahui validitas E-modul berkearifan lokal satua Bali pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD; (3) mengetahui kepraktisan E-modul berkearifan lokal satua Bali pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD; dan (4) mengetahui efektivitas penggunaan E-modul berkearifan lokal satua Bali pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menerapkan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 76 orang siswa kelas IV, dan 6 orang guru sebagai praktisi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Instrumen penelitian ini terdiri atas lembar kuesioner validitas, lembar kuesioner kepraktisan, serta tes hasil belajar IPAS dengan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-modul berkearifan lokal Satua Bali yang dikembangkan terdiri atas 56 halaman dan dapat diakses melalui Pdf; (2) Validitas E-modul berkearifan lokal Satua Bali ini terbukti valid dengan persentase ahli materi sebesar 97.00% (rata-rata 4,85), validitas ahli media yaitu 95,45% (4,76), serta validitas ahli bahasa sebesar 94,28% (4,71) pada kategori validitas Sangat Baik. (3) Kepraktisan E-Modul berkearifan lokal Satua Bali pada pembelajaran IPAS ini memperoleh persentase oleh praktisi guru sebesar 98,46% dan kepraktisan siswa sebesar 93,84% dengan kategori Sangat Praktis. (4) E-modul berkearifan lokal Satua Bali ini telah efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD dengan rata-rata hasil belajar sebesar 78,62, serta t-hitung sebesar 8.236 ≥ t-tabel yaitu 1.990. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berkearifan lokal Satua Bali yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, IPAS, kearifan lokal, satua bali, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: KADEK AGUS SUANTARA
Date Deposited: 11 Jul 2023 12:36
Last Modified: 11 Jul 2023 12:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item