PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD NOMOR 3 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Apriyani, Ni Putu Revina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD NOMOR 3 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031267-COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031267-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031267-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031267-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031267-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031267-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031267-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031267-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031267-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan komik digital berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV di SD Nomor 3 Dalung. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas IV SD Nomor 3 Dalung. Hasilnya media komik digital matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli isi 90%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 88%, uji kelompok kecil 91%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = 30 adalah sebesar 1,967. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4.640 > 1,967), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika pada materi pecahan sesudah menggunakan media pembelajaran komik digital berbasis problem based learning lebih dari KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada muatan pelajaran Matematika khususnya materi pecahan siswa kelas IV di SD Nomor 3 Dalung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komik Digital, Problem Based Learning,Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Revina Apriyani
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:11
Last Modified: 12 Jul 2023 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15798

Actions (login required)

View Item View Item