Apriyani, Ni Putu Revina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD NOMOR 3 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031267-COVER.pdf Download (614kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031267-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031267-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031267-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031267-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031267-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031267-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031267-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031267-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan komik digital berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV di SD Nomor 3 Dalung. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas IV SD Nomor 3 Dalung. Hasilnya media komik digital matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli isi 90%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 88%, uji kelompok kecil 91%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = 30 adalah sebesar 1,967. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4.640 > 1,967), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika pada materi pecahan sesudah menggunakan media pembelajaran komik digital berbasis problem based learning lebih dari KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada muatan pelajaran Matematika khususnya materi pecahan siswa kelas IV di SD Nomor 3 Dalung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Komik Digital, Problem Based Learning,Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Revina Apriyani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:11 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15798 |
Actions (login required)
View Item |