Sastrawan, I Ketut Gede Putra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KARIFAN LOKAL MEKOTEK MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SD NO 1 MUNGGU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text
1911031199-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031199-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031199-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031199-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031199-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031199-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Video Profil pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal Mekotek Materi keberagaman budaya Muatan IPAS Siswa Kelas IV SD No. 1 Munggu, 2) untuk mengetahui kelayakan Media Video Profil pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal Mekotek Materi keberagaman budaya Muatan IPAS Siswa Kelas IV SD No. 1 Munggu, (3) serta untuk mengetahui efektivitas Media Video Profil pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal materi keberagaman budaya Muatan IPAS Siswa Kelas IV SD No. 1 Munggu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode wawancara, metode angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media video pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun bangun sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, (2) media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 90,2% dengan kualifikasi baik. (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = -10,418 untuk db = 46 dan taraf signifikan 5% = 1,679. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video profil pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal mekotek efektif digunakan pada Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD No. 1 Munggu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Profil Pelajar Pancasila, IPAS, Mekotek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Gede Putra Sastrawan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 00:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15801 |
Actions (login required)
View Item |