Gon, Andreas (2023) Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Cibal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021011-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021011-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan sengaja oleh setiap orang (siswa) untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga dapat mengerti, memahami, berperilaku baik, dan lebih dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa antara siswa yang menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik dan LKS pada mata pelajaran fisika siswa kelas X MIPA SMAN di Cibal. Penelitian ini dilakukan di SMAN di kecamatan cibal yaitu SMAN 1 Cibal dan SMAN 2 Cibal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Cibal. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas X IPA 1 SMAN 1 Cibal sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan X IPA 2 SMAN 2 Cibal sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan dari tes kemampuan awal siswa (pretest) dan tes kemampuan akhir siswa (posttest). Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kovarians (anacova). Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan LKS (F=15,7, p<0,01 dan ∆µ= 10,6, p<0,01 ). Rekomendasi pada penelitian ini adalah penggunaan LKS berbasis pendekatan saintifik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, proses pembelajaran, keterampilan bepikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Andreas Gon |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:33 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15810 |
Actions (login required)
View Item |