Putri, Yeni Yerica (2023) PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MAHASISWI FHIS, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA AKIBAT KOREAN WAVE DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XII SMA/MA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914091026-COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914091026-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1914091026-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1914091026-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1914091026-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914091026-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1914091026-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914091026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914091026-LAMPIRAN.pdf Download (437kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu 1) mahasiswi FHIS Universitas Pendidikan Ganesha menggemari Korean Wave, 2) perubahan sosial budaya yang terjadi pada mahasiswi akibat Korean Wave, dan 3) aspek yang terkandung dalam fenomena Korean Wave sebagai sumber belajar sosiologi kelas XII SMA/MA. Dalam penelitian ini menggunakan teori fenomenologi, orientasi nilai budaya, dan teori sumber belajar dalam penyelesaian fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat alasan menggemari Korean Wave yang diantaranya adalah sebagai hiburan, adanya keinginan untuk belajar bahasa Korea Selatan, Korean Wave sebagai motivasi, serta sebagai sikap Positive Vibes. Serta perubahan sosial budaya yang terjadi diantaranya pakaian, bahasa, gaya rambut dan Make Up, kebiasaan makan, menyukai produk Korea Selatan, serta konsumtif. Terakhir adalah sebagai sumber belajar yang terdapat aspek afektif Sehingga dengan hal tersebut peserta didik harus mampu mengetahui bahwa budaya populer Korean Wave dapat diterima dengan baik dimasyarakat, aspek kognitif dengan adanya tujuan dari peserta didik untuk menjelaskan hal tersebut adalah agar mereka mampu memahami perubahan sosial budaya akibat Korean Wave. Sehingga mereka dapat melihat sebuah fenomena dilingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Serta psikomotorik Peserta didik harus mampu mengaplikasikan apa yang didapat dalam kehidupan sehari dalam bertindak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Yeni Yerica Putri |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15840 |
Actions (login required)
View Item |