PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI EDUTAINMENT DAN IMPLEMENTASINYA MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA

Astiti, Ida Ayu Gede Purna (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI EDUTAINMENT DAN IMPLEMENTASINYA MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031281-COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031281-ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031281-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031281-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031281-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031281-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031281-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031281-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031281-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui rancangan bangun media monopoli edutainment (2) mengetahui validitas media monopoli edutainment (3) mengetahui kepraktisan media monopoli edutainment (4) mengetahui efektivitas media monopoli edutainment. Kajian ini termasuk penelitian pengembangan dengan pemodelan ADDIE yakni Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data yang dihimpun dalam kajian ini ialah data kuantitatif serta kualitatif. Pengumpulan data mempergunakan pendekatan wawancara, observasi, kuesioner, tes lembar kerja menulis, tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang dipergunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta statistika inferensial (uji-t). Hasil uji validitas dari Ahli materi 1 mendapat skor 100% berkualifikasi sangat baik, ahli materi 2 mendapat skor 95% berkualifikasi sangat baik, ahli media mendapatkan skor 81,25% berkualifikasi baik, uji coba respon guru mendapat skor 91,67% berkualifikasi sangat baik, uji coba siswa mendapat skor 91,94 berkualifikasi sangat baik, uji kepraktisan mendapat skor 99,7% berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan mendapat skor 93,6% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil mendapat skor 91% berkualifikasi sangat baik serta uji efektivitas mendapat thitung = 1,09 pada dk = 60 Sig. 5% angka batas penolakan H0 senilai 2,00 maknanya terdapat perubahan secara signifikan sebelum serta setelah mempergunakan media monopoli edutainment. Maka bisa ditarik simpulan bahwasanya media monopoli edutainment efektif diimplementasikan dalam kegiatan belajar menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD No. 2 Blahkiuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Monopoli Edutainment, Course Review Horay, Menulis Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Gede Purna Astiti
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:53
Last Modified: 12 Jul 2023 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15845

Actions (login required)

View Item View Item