PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Ribawa, I Gede Anyar (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031204-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031204-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031204-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031204-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031204-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031204-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031204-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031204-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031204-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD, (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, (3) mendeskripsikan pengaruh simultan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Pre Test Post Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Manggis Kabupaten Karagasem yang berjumlah 135 orang siswa terdiri dari 8 Sekolah Dasar. Penentuan sampel menggunakan random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas eksperimen yaitu SD Negeri 2 Ngis yang berjumlah 23 orang dan kelas kontrol yaitu SD Negeri 2 Sengkidu berjumlah 25 orang. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan gandi yang berjumlah 30 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dan (3) terdapat pengaruh simultan yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Videoscribe terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Manggis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Videoscribe, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Anyar Ribawa
Date Deposited: 17 Jul 2023 23:36
Last Modified: 17 Jul 2023 23:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item