Yudistari, Kadek Mia (2023) PENGARUH PERMAINAN “MEGOAK-GOAKAN” TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK KELOMPOK B DI TK CANDRA KASIH DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061019-COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061019-ABSTRAK.pdf Download (387kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061019-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional “Megoak-goakan” terhadap kemampuan kerja sama anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Candra Kasih Denpasar sebanyak 42 anak. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel yang terpilih sebagai kelompok ekperimen adalah kelompok B1 sebanyak 21 anak dan sampel yang terpilih menjadi kelompok kontrol adalah kelompok B2 sebanyak 21 anak. Pengumpulan data menggunakan metode non test yaitu observasi dengan instrumen penilaian unjuk kerja kemampuan kerja sama anak berdasarkan rubik penilaian kemampuan kerja sama. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata (mean) posttest pada kelompok eksperimen sebesar 86,42 sedangkan pada kelompok kontrol 78,57, dengan nilai maksimal yaitu 100. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,75, dengan taraf signifikan 5% dan dk=40 maka nilai ttabel =2,021. Berdasarkan analisis data tersebut, ditunjukkan dengan thitung > ttabel (4,75 > 2,021) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerja sama anak yang dibelajarkan permainan “Megoak-goakan” dengan kelompok anak yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional “Megoak-goakan” berpengaruh terhadap kemampuan kerja sama pada anak kelompok B di TK Candra Kasih Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata Kunci: permainan “Megoak-goakan”, kemampuan kerja sama, non-equivalent control group design, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Kadek Mia Yudistari |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:58 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15855 |
Actions (login required)
View Item |