PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK KELAS I SD

Wibawa, I Kadek Adi Purna (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031349-COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031349-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031349-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031349-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031349-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031349-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031349-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031349-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031349-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop-Up Book berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk kelas I SD yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan tes. Penelitian menggunakan subjek penelitian sebanyak 16 siswa kelas I di SD Negeri 1 Pelaga. Media Pop-Up Book yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam mendukung proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas, kepraktisan, sampai efektivitas. Hasil uji ahli media sebesar 92,31%, hasil uji ahli materi 93,75%, uji desain pembelajaran adalah 93,75%, uji coba perorangan 90,83%, uji coba kelompok kecil 91,39%, uji respon siswa sebesar 90,10%. Uji efektivitas menggunakan uji-t diperoleh thitung= 13,467 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (N-1) adalah 2,131. Karena thitung = 2,834 > ttabel = 2,131 maka H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media Pop-Up Book berbasis profil pelajar Pancasila pada hasil belajar muatan PPKn kelas I SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pop-up book, Profil Pelajar Pancasila, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Adi Purna Wibawa
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:16
Last Modified: 12 Jul 2023 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item