PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Kadek Dita Aprilia (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031262-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031262-ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031262-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031262-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031262-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031262-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031262-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031262-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031262-LAMPIRAN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learnig pada Muatan IPs kelas V yang valid, praktis dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berbasis problem based learning, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas produk, keprakktisan produk, dan efektivitas produk. Validitas perangkat pembelajaran diukur menggunakan instrumen rating scale yang diisi oleh empat orang dosen, dua dosen sebagai ahli desain pembelajaran dan dua orang dosen sebagai ahli materi pembelajaran, penilaian kepraktisan diisi oleh guru dan siswa. Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learnig memperoleh skor validitas dari ahli materi pembelajaran produk RPP dan LKPD sebesar 0,93 dan skor dari ahli desain pembelajaran produk RPP dan LKPD sebesar 0,93, skor kepraktisan dari praktisi/guru sebesar 92,21%, skor uji perorangan sebesar 97,21%, skor uji kelompok kecil sebesar 97,21% sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t berkorelasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learnig pada Muatan IPS kelas V efektif diterapkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1 Manggissari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, RPP, LKPD, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dita Aprilia Dewi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:08
Last Modified: 12 Jul 2023 03:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15893

Actions (login required)

View Item View Item