Siboro, Yogi Martogi (2023) Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Self-control Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011002-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011002-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroom bertujuan meningkatkan self-control pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Tiga orang ahli dan dua orang praktisi konseling dilibatkan dalam penelitian ini untuk menguji akseptabilitas buku panduan. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI), Cronbach's Alpha, dan rumus t-hitungDari hasil menganalisis kuesioner dengan CVR, mendapatkan angka 1, yang bisa diartikan dengan semua aitem kuesioner diterima serta memperoleh skor CVI sebesar 1 yaknik dengan kategori sangat baik, yang berarti bahwa buku panduan bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroom memenuhi syarat keberterimaan. Efektivitas buku panduan diujicobakan kepada 10 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen one-group pre-test post-test. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002, yang berarti bahwa penggunaan buku bimbingan kelompok dengan teknik homeroom efektif untuk meningkatkan self-control pada siswa kelas 7 SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-control, Teknik Homeroom, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Yogi Martogi Siboro |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:30 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15944 |
Actions (login required)
View Item |