PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI SATUAN JARAK MUATAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 7 SESETAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GUSTI, AGUSTINA (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI SATUAN JARAK MUATAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 7 SESETAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031087-COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031087-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULAN)
1911031087- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031087- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031087- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031087- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031087- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031087- LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Oleh Ni Gusti Ayu Mega Agustina NIM 1911031087 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas video pembelajaran matematika materi satuan jarak kelas V berbasis blended learning di SD Negeri 7 Sesetan. Penelitian pengembangan ini menggunaan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu dosen ahli isi mata pelajaran, dosen ahli desain pembelajaran, dosen ahli media, dan 1 orang guru kelas V serta siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian media kemudian dianalisis mengunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media yang dikembangkan. Data hasil rata-rata skor dari ahli isi mata pelajaran diperoleh sebesar 87,5 dengan kualifikasi sangat baik, hasil rata-rata skor ahli desain pembelajara diperoleh sebesar 90,9 dengan kualifikasi sangat baik dan rata-rata skor dari ahli media pembelajaran sebesar 91,6 dengan kualifikasi sangat baik. Selanjutnya data hasil uji coba perorangan diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,6 dengan kuaifikasi sangat baik dan data hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 96,36% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji validitas oleh ahli dan guru, pengembangan video pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Berdasarkan hasil akhir gain score diperoleh hasil hitung sebesar 0,56. Nilai tersebut dikonversikan ke dalam kriteria gain score. Sehingga dapat ditetapkan skor 0,56 berada pada klasifikasi sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa penerapan video pembelajaran matematika berbasis blended learning memiliki tingkat efektivitas sedang. Kata kunci : media pembelajaran, blended learning, satuan jarak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, blended learning, satuan jarak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Gusti Ayu Mega Agustina
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:11
Last Modified: 14 Jul 2023 04:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item View Item