PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STORY TELLING BERBANTUAN BUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS IX ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Widiantari, Ni Made (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STORY TELLING BERBANTUAN BUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS IX ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031074-COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031074-ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031074-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita terhadap keterampilan bebricara siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus IX Abiansemal terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 179 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa yaitu 28 siswa kelas IV SD No. 7 Darmasaba yang menjadi kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba yang menjadi kelompok kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes kinerja (performance test). Data posttest keterampilan berbicara dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,29 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 54, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Story Telling, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Widiantari
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:55
Last Modified: 13 Jul 2023 00:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item