Widiantari, Ni Made (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STORY TELLING BERBANTUAN BUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS IX ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031074-COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031074-ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031074-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita terhadap keterampilan bebricara siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus IX Abiansemal terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 179 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa yaitu 28 siswa kelas IV SD No. 7 Darmasaba yang menjadi kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba yang menjadi kelompok kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes kinerja (performance test). Data posttest keterampilan berbicara dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,29 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 54, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Story Telling, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Widiantari |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15968 |
Actions (login required)
View Item |