PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)TERHADAP KETAHANMALANGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS IV KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Pradnyani, I Dewa Ayu Sayang (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)TERHADAP KETAHANMALANGAN PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS IV KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031270-COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031270-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031270-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031270-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap ketahanmalangan peserta didik kelas V SD Gugus IV Kecamatan Klungkung tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pendekatan Eksperimen Semu (Quasi Experimental Desain), yaitu mencari hasil perbedaan ketahanmalangan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran PjBL dan daya ketahanmalangan peserta didik yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di gugus VI Kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah 34 orang peserta didik kelas V SD Negeri Manduang sebagai kelas eksperimen dan 36 orang peserta didik kelas V SD Negeri 2 Selat sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik acak dan sampel yang diacak dalam penelitian ini adalah kelas sebagai intact group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yang berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistika deskriptif dan teknik analisis statistika inferensial (uji-t) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan model PjBL terhadap ketahanmalangan peserta didik kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Klungkung Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketahanmalangan, Model Pembelajaran, PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Sayang Pradnyani
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:08
Last Modified: 13 Jul 2023 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15987

Actions (login required)

View Item View Item