DEVELOPING 4C SKILLS-BASED SUPPLEMENTARY MATERIAL USING CANVA IN LEARNING ENGLISH FOR SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Suantara, I Wayan Ardhi (2023) DEVELOPING 4C SKILLS-BASED SUPPLEMENTARY MATERIAL USING CANVA IN LEARNING ENGLISH FOR SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021084-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021084-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021084-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021084-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021084-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan bahasa Inggris terintegrasi keterampilan 4C dengan menggunakan Canva untuk siswa kelas VII semester kedua kurikulum Merdeka. Ini dapat digunakan oleh guru untuk mengajar bahasa Inggris di kelas dan juga untuk siswa kelas tujuh untuk belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan 4C. Peneliti melakukan penelitian di SMP N 2 Singaraja. Metode D&D (Design and Development) dengan model ADDE (Analysis, Design, Development and Evaluation) digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan produk. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, analisis dokumen, expert judgment dan user judgment. Peneliti mewawancarai guru bahasa Inggris dan siswa kelas tujuh. Selain itu, guru juga memberikan silabus untuk dianalisis dan sebagai sumber untuk membuat aktivitas pembelajaran. Dari data yang diperoleh, peneliti mengembangkan materi pelengkap bahasa Inggris berupa E-book diintegrasikan keterampilan 4C. Kualitas produk cenderung dinilai sebagai produk sangat baik oleh dua ahli, dan valid untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi siswa maupun guru dalam rangka meningkatkan kualitas belajar mengajar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Materi pelengkap bahasa Inggris, keterampilan 4C, siswa kelas tujuh
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Wayan Ardhi Suantara
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:34
Last Modified: 13 Jul 2023 02:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item