Wati, A’isyah Nirna (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIORAL ANALYSIS BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAGI ANAK DIDIK PENYANDANG AUTISME KELOMPOK B DI PAUD ABK FAJAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061038-COVER.pdf Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061038-ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (477kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061038-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Metode Applied Behavioral Analysis berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap kemampuan berbicara anak didik penyandang autisme. Jenis penelitian ini adalah desain eksperimen kasus tunggal (single-case experimental design) yang dilaksanakan dalam tiga fase yaitu fase baseline (A1), fase intervensi (B) dan fase baseline (A2). Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak kelompok B. Pengumpulan data penelitian tentang kemampuan berbicara anak didik penyandang autisme menggunakan metode observasi dan wawancara dengan instrumen lembar observasi checklist. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistic deskriptif dan penyajian data dipaparkan secara visual (visual inspection) dalam bentuk grafik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi penurunan frekuensi kemampuan berbicara dan meningkatnya frekuensi kemampuan berbicara dari fase baseline (A1) dengan rerata 6 menjadi 14,18 pada fase intervensi (B) dan meningkat lagi frekuensi kemampuan berbicara anak didik penyandang autisme pada saat intervensi pendekatan ABA dengan berbantuan media kartu bergambar dalam pembelajaran dihentikan (A2) dengan rerata 18,7. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan metode ABA dengan berbantuan media kartu bergambar dalam pembelajarana terhadap kemampuan berbicara anak didik penyandang autisme di PAUD ABK Fajar Harapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode applied behavioral analysis, media kartu bergambar, anak penyandang autisme. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | A'isyah Nirna Wati |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15995 |
Actions (login required)
View Item |