Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding dengan Tema Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Tubuh untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Kurnelia, Yuli (2023) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Scaffolding dengan Tema Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Tubuh untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071032-COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071032-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071032-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu berbasis scaffolding tema menjaga kesehatan sistem gerak tubuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate) namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap develop. Subjek uji coba produk meliputi pengujian validitas melibatkan 2 ahli Pendidikan IPA, pengujian kepraktisan melibatkan 5 guru IPA, dan pengujian keterbacaan melibatkan 10 siswa kelas VIII. Data penelitian ini terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan instrumen angket uji validitas, uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mendeskripsikan dan menjelaskan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan serta karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan yaitu, (1) modul IPA terpadu berbasis scaffolding, (2) menyajikan konten-konten terkait dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar, (3) dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik, (4) memuat unsur modul yang lengkap serta fitur tambahan. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi dengan skor sebesar 1. Tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor sebesar 4,53. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca dengan skor sebesar 4,46. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbasis scaffolding dengan tema menjaga kesehatan sistem gerak tubuh memiliki kualifikasi sangat valid, praktis dan terbaca, sehingga dapat dilanjutkan ke pengujian efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, IPA Terpadu, Scaffolding
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Yuli Kurnelia
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:12
Last Modified: 14 Jul 2023 07:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item