Rahayu, Ni Made Dini (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031159-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031159-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031159-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031159-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031159-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1911031159-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031159-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031159-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031159-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 152 orang. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik clauster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Dajan Peken sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas V SD Negeri 4 Dauh Peken sebanyak 27 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan ganda. Bedasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,102. Sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = n1+ n2 – 2 = 52, menunjukan bahwa nilai dari ttabel sebesar 1,675. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,102 ≥ ttabel = 1,993, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dibedakan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan video pembelajaran dan kelompok siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvesional pada kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media video pembelajaran berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tabanan tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Video Pembelajaran, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dini Rahayu |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16014 |
Actions (login required)
View Item |