PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA SWAY TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ningsih, Kadek Ayu Mira Purnama (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA SWAY TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129041009-COVER)
2129041009-Cover.pdf

Download (996kB)
[img] Text (2129041009-ABSTRAK)
2129041009-Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text (2129041009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (400kB)
[img] Text (2129041009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (2129041009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (2129041009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129041009-BAB 5 PENUTUP)
2129041009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (2129041009-DAFTAR PUSTAKA)
2129041009-Daftar Pustaka.pdf

Download (64kB)
[img] Text (2129041009-LAMPIRAN)
2129041009-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Suasana pembelajaran yang tidak yang berfokus pada aktivitas siswa dalam menggali pengetahuannya terhadap materi kurang mampu menstimulus rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran yang ingin dicapai, tertunya akan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa khususnya pada muatan pelajaran IPS, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bahwa rasa ingin tahu dan kompetensi pengetahuan IPS berpengaruh pada penerapan model pembelajaran time token berbantuab media sway. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Post test only Control Group Design. Melalui teknik undian terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VB SD Negeri 2 Batubulan serta kelas V SD Negeri 3 Batubulan dari 8 anggota populasi, yaitu seluruh kelas V SD Negeri Gugus VI Sukawati yang berjumlah 299 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media sway terhadap rasa ingin tahu siswa kelas V diperoleh (Fhitung = 23,573> Ftabel 3,12). 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media sway terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V diperoleh (Fhitung= 23,573> Ftabel 3,12) dan 3) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran Time Token berbantuan media Sway terhadap rasa ingin tahu dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V diperoleh sig. <0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Sway, Rasa Ingin Tahu, Kompetensi Pengetahuan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Kadek Ayu Mira Purnama Ningsih, S.Pd
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:36
Last Modified: 13 Jul 2023 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16023

Actions (login required)

View Item View Item