Hadi, Muhtar Syamsul (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri se-Kota Probolinggo. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129021009-COVER.pdf Download (623kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129021009-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129021009-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Motivasi belajar yang sejatinya merupakan salah satu faktor yang memengaruhi optimalnya pencapaian hasil belajar bahasa Indonesia diduga dipengaruhi oleh faktor internal seperti kecerdasan emosional yang dimiliki, serta faktor eksternal seperti kondisi sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kecerdasan emosional, kondisi sosial ekonomi keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri di Kota Probolinggo berjumlah 1.207. Sampel penelitian diambil sebanyak 300 responden dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan temuan sebagai berikut. (1) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar sebesar 52%. (2) Kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar sebesar 57%. (3) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 6%. (4) Kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 15%. (5) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 27%. (6) Kecerdasan emosional berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar bahasa Indonesia melalui motivasi belajar sebesar 14%. (7) Kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar bahasa Indonesia melalui motivasi belajar sebesar 15%. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, hasil belajar bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Muhtar Syamsul Hadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16030 |
Actions (login required)
View Item |