Dewi, Ni Putu Venny Fatma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041046-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041046-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041046-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD gugus II kecamatan kuta utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 186 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 56 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Variabel bebas eksperimen pada penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbasis etnosains, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis menggunakan MANOVA. Penelitian ini mendapatkan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan yang simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains, dengan F hitung sebesar 37,125 dan signifikansi < 0,05 , 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 65,616 dan signifikansi < 0,05 , dan 3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 22,941 dan signifikansi < 0,05. Rerata hasil belajar kelompok siswa dengan model CTL berbasis etnosains sebesar 26,82 cenderung lebih tinggi dari kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains sebesar 21,21. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching and learning berbasis etnosains, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Venny Fatma Dewi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16047 |
Actions (login required)
View Item |