PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Putu Venny Fatma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041046-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041046-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041046-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD gugus II kecamatan kuta utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 186 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 56 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Variabel bebas eksperimen pada penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbasis etnosains, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis menggunakan MANOVA. Penelitian ini mendapatkan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan yang simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains, dengan F hitung sebesar 37,125 dan signifikansi < 0,05 , 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 65,616 dan signifikansi < 0,05 , dan 3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 22,941 dan signifikansi < 0,05. Rerata hasil belajar kelompok siswa dengan model CTL berbasis etnosains sebesar 26,82 cenderung lebih tinggi dari kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains sebesar 21,21. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning berbasis etnosains, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Venny Fatma Dewi
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:18
Last Modified: 14 Jul 2023 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item