Yana, Ni Luh Ely (2023) Pengembangan Video Pembelajaran berbasis Kontekstual pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021042-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021042-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun (2) mengetahui validitas, dan (3) menguji efektivitas dari video pembelajaran berbasis kontekstual. (1) Rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. (2) Validitas pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual yang telah dikembangkan ditentukan berdasarkan hasil evaluasi dari ahli isi, desain, dan media pembelajaran, serta uji perorangan dan kelompok kecil. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli isi memperoleh persentase 96,66% ahli desain 92,85% ahli media 92% uji coba perorangan 99,33% uji coba kelompok kecil 99,33%. (3) Efektivitas pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual didapat hasil rata-rata posttest yaitu 90,54 masuk ke dalam kualifikasi sangat baik lebih besar dari hasil rata-rata pretest sebesar 46,90 yang berada pada kualifikasi kurang. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 26,448 dan ttabel = 2,018 untuk db=42 dari taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan diterimanya H1 berari terdapat hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran berbasis kontekstual. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Kontekstual, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ely Yana |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16054 |
Actions (login required)
View Item |