Wirawati, Putu Indry (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1917011027-COVER.pdf Download (469kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1917011027-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1917011027-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1917011027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1917011027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1917011027-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1917011027-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Singaraja yang terdiri dari 30 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Singaraja. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan setiap aspek aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari siklus I ke siklus II. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 73,97% dengan kategori cukup baik tetapi belum dapat dikatakan optimal sehingga harus dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 89,30% dengan kategori baik. Aktivitas belajar siswa sudah dapat dikatakan optimal pada siklus II karena telah memenuhi kriteria minimal yaitu 75%. Peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang terjadi sebesar 15,33% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Aktivitas Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Putu Indry Wirawati |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16072 |
Actions (login required)
View Item |