Pengembangan Media E-Komik pada Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda di Kelas V SD Negeri 3 Bengkel

Pamayun, I Made Ngurah Mahesa (2023) Pengembangan Media E-Komik pada Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda di Kelas V SD Negeri 3 Bengkel. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031172-COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031172-ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031172-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031172-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031172-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031172-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031172-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031172-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031172-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pengembangan media e-komik pada materi perjuangan melawan penjajahan belanda di kelas V, (2) Mengetahui validitas media e-komik pada materi perjuangan melawan penjajahan belanda di kelas V (3) Mengetahui respon dari siswa terhadap media e-komik ini pada materi perjuangan melawan penjajahan belanda di kelas V. Model pengembangan yang digunakan penelitin ini adalah model ADDIE yang memiilik beberapa tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Adapun subjek penelitian ini adalah pengembangan media e-komik pada materi perjuangan melawan penjajahan belanda di kelas V. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas (kelayakan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisoner yang diberikan kepada tiga dosen sebagai ahli/pakar dan siswa (uji perorangan dan kelompok kecil) yang sudah teruji. Data yang di proleh kemudian di hitung menggunakan rumus mean yang di konverenvasikan ke dalam krieria penelitian validitas, hasil uji ahli materi diperoleh 94,64 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uij media diperoleh 91,07 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uji desain pembelajaran diperoleh 90,90 dengan kualifikasi sangat valid. Uji kepratisan dari uji perorangan dan kelompok kecil diperoleh 85,83 dan 86,04 dengan kualifikasi sangat valid, hasil observasi keterlaksnakan kegiatan pembelajaran diperoleh 89 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uji respon siswa diperoleh 72,75 dengan kualifikasi valid, serta uji efekttivitas uji-t berkolerasi memproleh hasil t hitung 22,601 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 30 dengan taraf signifikasi 5% 2,00 sehingga H0 di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangankan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media e-komik dan perjuangan melawan penjajahan belanda
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Ngurah Mahesa Pamayun
Date Deposited: 16 Jul 2023 23:43
Last Modified: 16 Jul 2023 23:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item