Utami, Ni Putu Putri Kumara (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERKEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA PADA MATERI SIKLUS AIR MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031180-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031180-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031180-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031180-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031180-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031180-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031180-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031180-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031180-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun Media Animasi Berkearifan Lokal Tri Hita Karana pada Materi Siklus Air Muatan IPA kelas V Sekolah Dasar; (2) untuk menganalisis validitas Media Animasi Berkearifan Lokal Tri Hita Karana pada Materi Siklus Air Muatan IPA kelas V Sekolah Dasar; (3) untuk mengetahui respons guru terhadap Media Animasi Berkearifan Lokal Tri Hita Karana pada Materi Siklus Air Muatan IPA kelas V Sekolah Dasar; dan (4) untuk mengetahui respons siswa terhadap Media Animasi Berkearifan Lokal Tri Hita Karana pada Materi Siklus Air Muatan IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pengembangan) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan rumus rata-rata untuk mengetahui validitas, respons praktisi serta respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli materi pembelajaran dengan rata-rata skor sebesar 4,53 dan oleh ahli media dengan rata-rata skor sebesar 4,76. Media yang dikembangkan memperoleh juga respons yang sangat baik dari praktisi dengan rata-rata skor 4,5 dan dari siswa dengan rata-rata skor sebesar 4,4 dan 4,6. Media pembelajaran yang menarik serta mudah digunakan diharapkan mampu membantu proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media animani, Tri Hita Karana, materi siklus air, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Kumara Utami |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16118 |
Actions (login required)
View Item |