PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN SELF-ESTEEM SISWA SD KELAS V GUGUS I GIANYAR

Dewi, Luh Gede Diah Prapti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN SELF-ESTEEM SISWA SD KELAS V GUGUS I GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041056-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041056-ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041056-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan sikap ilmiah dan self-esteem siswa SD kelas V gugus I Gianyar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Sebanyak 579 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa Kelas V Gugus I Gianyar. Sebanyak 69 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik multi-stage random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa kuisioner untuk mengukur sikap ilmiah dan self-esteem siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,386, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,949, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,134, p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM, sikap ilmiah, self-esteem
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Gede Diah Prapti Dewi
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:20
Last Modified: 15 Jul 2023 02:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item