Dewi, Luh Gede Diah Prapti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN SELF-ESTEEM SISWA SD KELAS V GUGUS I GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041056-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041056-ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041056-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan sikap ilmiah dan self-esteem siswa SD kelas V gugus I Gianyar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Sebanyak 579 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa Kelas V Gugus I Gianyar. Sebanyak 69 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik multi-stage random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa kuisioner untuk mengukur sikap ilmiah dan self-esteem siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,386, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,949, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD Gugus I Gianyar (F = 4,134, p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM, sikap ilmiah, self-esteem |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Luh Gede Diah Prapti Dewi |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 02:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16119 |
Actions (login required)
View Item |