Dewi, Ni Ketut Ratmita (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Pada Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Karangasem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031244-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031244-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031244-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (435kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031244-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031244-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031244-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031244-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031244-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031244-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian mengembangan ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran video scribe pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket atau kuesioner, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Dimana hasil validasi media pembelajaran video scribe pada materi perubahan wujud benda dinyatakan layak dari hasil validasi ahli materi pembelajaran dengan presentase (96,00%) dengan kriteria sangat baik, hasil validasi ahli media pembelajaran memperoleh presentase (94,5%) dengan kriteria sangat baik yang menyatakan bahwa media pembelajaran video scribe sangat layak digunakan. Tingkat kepraktisan media pembelajaran video scribe dari hasil respon guru memperoleh persentase (95,3%) dan hasil respon siswa memperoleh persentase (95,41%) dengan kriteria sangat praktis. Serta tingkat keefektifan media pembelajaran video scribe memperoleh nilai rata-rata pretest (69,68), nilai rata-rata posttest (78,06), dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil t-hitung (3,826) > t-tabel (1,699) maka HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga media pembelajaran video scribe efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Video Scribe, Perubahan Wujud Benda. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Ratmita Dewi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16136 |
Actions (login required)
View Item |