PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

R, Delina (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041013-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041013-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041013-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak peserta didik yang kurang dalam keterampilan membaca permulaan, seperti hal nya mengenal huruf, suku kata dan kalimat oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 guru dan 9 peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada dosen ahli yang bertujuan untuk memperoleh data validitas, 5 orang guru dan 9 peserta didik kelas I yang bertujuan untuk memperoleh data keefektifan dan memberikan soal berupa pretest dan postest. Hasil analisis data diperoleh dari hasil skor validasi ahli materi dan ahli media 4,73 dengan kategori sangat valid. Skor rata-rata hasil dari penilaian guru dan peserta didik diperoleh 4,76 termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai pretest adalah 61,16 dan rata-rata postest adalah 90,66. Data nilai pretest dan postest ini di uji atau di bandingkan dengan nilai N-Gain sebesar 79,09. Dengan demikian dari hasil N-gain menunjukan bahwa hasil nilai postest lebih besar dari nilai pretest. Maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, pembelajaran interaktif, keterampilan membaca permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Delina R
Date Deposited: 16 Jul 2023 01:13
Last Modified: 16 Jul 2023 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item