PERANCANGAN DESAIN APLIKASI GO ON VACATION BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Utama, Kadek Dwi (2023) PERANCANGAN DESAIN APLIKASI GO ON VACATION BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1915091050-COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091050-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091050-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Indonesia memiliki potensi pariwisata sangat besar, salah satunya di provinsi Bali yang terkenal di mancanegara. Pariwisata adalah sektor yang sangat penting karena menjadi salah satu penyumbang devisa negara, oleh sebab itu pariwisata perlu diperhatikan agar terus berkembang menjadi lebih baik. Akan tetapi masih terdapat permasalahan sektor pariwisata seperti, informasi tempat wisata masih minim, sulit membandingkan jasa pramuwisata, dan testimoni pengguna yang kurang, hal ini dapat menimbulkan rasa skeptis. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh wisatawan dan pramuwisata, maka dari itu penelitian ini melakukan perancangan prototipe high fidelity aplikasi Go on Vacation yang mana bertujuan sebagai solusi permasalahan pramuwisata dan wisatawan. Rancangan aplikasi ini nantinya membantu wisatawan lebih mudah menemui pemandu wisata sesuai dengan minat, dan memperoleh informasi tempat wisata yang mudah. Dalam merancang prototipe aplikasi Go on Vacation berpedoman dengan eight golde rules. Rancangan aplikasi menggunakan metode User Centered Design (UCD), dimana terdapat empat tahapan yaitu, understand context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluation Against requirements. Untuk menguji prototipe aplikasi menggunakan usability testing dengan tiga buah aspek, yaitu efektivitas mengukur tingkat error, efisiensi mengukur waktu menyelesaikan task dan kepuasan pengguna mengukur kepuasan dari reponden penguji. Pengujian melibatkan kelompok wisatawan dan pramuwisata sebanyak masing-masing 5 orang. Hasil pengujian pada rancang prototipe aplikasi Go on Vacation menghasilkan persentase completion rate efektivitas sebesar 100%. Efisiensi dengan overall relative efficiency menghasilkan persentase rata-rata sebesar 100%, dan kepuasan pengguna pengguna dengan menggunakan USE Questionnaire, menghasilkan persentase 89,08% untuk antarmuka pramuwisata dan 94,52% dari sisi antarmuka wisatawan. Hal ini menunjukan keterangan sangat layak dan dapat dilanjutkan ke tahapan development Kata Kunci: Aplikasi Wisata, User Centered Design (UCD), Desain Prototipe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Wisata, User Centered Design (UCD), Desain Prototipe.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Utama
Date Deposited: 20 Jul 2023 14:00
Last Modified: 20 Jul 2023 14:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16162

Actions (login required)

View Item View Item