Utama, Kadek Dwi (2023) PERANCANGAN DESAIN APLIKASI GO ON VACATION BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1915091050-COVER.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091050-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091050-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Indonesia memiliki potensi pariwisata sangat besar, salah satunya di provinsi Bali yang terkenal di mancanegara. Pariwisata adalah sektor yang sangat penting karena menjadi salah satu penyumbang devisa negara, oleh sebab itu pariwisata perlu diperhatikan agar terus berkembang menjadi lebih baik. Akan tetapi masih terdapat permasalahan sektor pariwisata seperti, informasi tempat wisata masih minim, sulit membandingkan jasa pramuwisata, dan testimoni pengguna yang kurang, hal ini dapat menimbulkan rasa skeptis. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh wisatawan dan pramuwisata, maka dari itu penelitian ini melakukan perancangan prototipe high fidelity aplikasi Go on Vacation yang mana bertujuan sebagai solusi permasalahan pramuwisata dan wisatawan. Rancangan aplikasi ini nantinya membantu wisatawan lebih mudah menemui pemandu wisata sesuai dengan minat, dan memperoleh informasi tempat wisata yang mudah. Dalam merancang prototipe aplikasi Go on Vacation berpedoman dengan eight golde rules. Rancangan aplikasi menggunakan metode User Centered Design (UCD), dimana terdapat empat tahapan yaitu, understand context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluation Against requirements. Untuk menguji prototipe aplikasi menggunakan usability testing dengan tiga buah aspek, yaitu efektivitas mengukur tingkat error, efisiensi mengukur waktu menyelesaikan task dan kepuasan pengguna mengukur kepuasan dari reponden penguji. Pengujian melibatkan kelompok wisatawan dan pramuwisata sebanyak masing-masing 5 orang. Hasil pengujian pada rancang prototipe aplikasi Go on Vacation menghasilkan persentase completion rate efektivitas sebesar 100%. Efisiensi dengan overall relative efficiency menghasilkan persentase rata-rata sebesar 100%, dan kepuasan pengguna pengguna dengan menggunakan USE Questionnaire, menghasilkan persentase 89,08% untuk antarmuka pramuwisata dan 94,52% dari sisi antarmuka wisatawan. Hal ini menunjukan keterangan sangat layak dan dapat dilanjutkan ke tahapan development Kata Kunci: Aplikasi Wisata, User Centered Design (UCD), Desain Prototipe
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Wisata, User Centered Design (UCD), Desain Prototipe. |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Utama |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 14:00 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 14:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16162 |
Actions (login required)
View Item |