Damayanti, Ni Putu Ika (2023) PENGARUH MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031289-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031289-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031289-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031289-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Double Loop Problem Solving melalui praktikum sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro dengan jumlah peserta didik 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 11 Pemecutan dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN 16 Pemecutan dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh thitung = 7,94 dan ttabel =2,00 dengan dk = 55 dan taraf signifikansi 5%. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Double Loop Problem Solving melalui praktikum sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Pangeran Diponegoro Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Double Loop Problem Solving, Praktikum Sederhana, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ika Damayanti |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16179 |
Actions (login required)
View Item |