PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2022/2023

Pidada, Ida Ayu Intania Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041015-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041015-ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan sikap mandiri antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) menganalisis perbedaan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dan (3) menganalisis perbedaan secara simultan sikap mandiri dan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu quasi-experimental dengan non equivalent post-test only control group design. Sampel penelitian ini yaitu 60 siswa yang terbagi atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dan dipilih melalui random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes essay yang datanya dianalisis secara kuantitatif dengan uji Manova dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan sikap mandiri antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh (Fhitung= 69,66 > Ftabel 4,00), 2) terdapat perbedaan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh (Fhitung = 71,55 > Ftabel 4,00), 3) terdapat perbedaan secara simultan sikap mandiri dan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh F = 0,001; p < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Media Diorama, Sikap Mandiri dan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ida Ayu Intania Sari Pidada
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:47
Last Modified: 17 Jul 2023 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item