Tarayani, Ni Putu Yuyun Verginia (2023) Pengembangan Media Poster Audio Visual Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031138-COVER.pdf Download (325kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031138-ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031138-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031138-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031138-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031138-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031138-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031138-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031138-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media poster audio visual berbasis pendekatan saintifik materi siklus air pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian berupa (1) media poster audio visual berbasis pendekatan saintifik. (2) validitas media poster audio visual berbasis pendekatan saintifik dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 4,41, ahli media pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,50, dan ahli desain pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,60. Sehingga rata-rata skor ketiga ahli tersebut yaitu sebesar 4,50. (3) analisis kepraktisan yang dilakukan oleh guru atau praktisi dengan skor rata-rata sebesar 4,81. (4) analisis kepraktisan yang diisi oleh siswa secara perorangan dan kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,59 dan 4,56. (5) hasil uji coba kepada seluruh siswa kelas V sebanyak 21 siswa melalui uji-t sampel berkorelasi yang menunjukkan bahwa media poster audio visual berbasis pendekatan saintifik sangat efektif untuk dikembangkan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media poster audio visual berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan tergolong sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media, Minat, Hasil Belajar, dan ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yuyun Verginia Tarayani |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 23:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 23:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16185 |
Actions (login required)
View Item |