PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI KARAKTER UTAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD

Yugakisha, Made Savitri (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI KARAKTER UTAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041029-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041029-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041029-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media berupa buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD. Nilai karakter utama yang terkandung pada buku cerita yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Develop , Implementation, dan Evaluate . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 pakar/ahli materi, 2 pakar/ahli media, 1 guru dan 30 siswa. Instrumen pengumpulan data pada angket (kuisioner).Validitas buku cerita oleh ahli materi sebesar 95% kriteria sangat valid, validitas oleh ahli media sebesar 96% kriteria sangat valid. Kepraktisan guru sebesar 94% kriteria sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 87,8 tergolong sangat praktis, uji t-test satu sampel memperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang berarti buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, Nilai Karakter Utama, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Made Savitri Yugakisha
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:09
Last Modified: 17 Jul 2023 09:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16219

Actions (login required)

View Item View Item