PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI ABILITAS AKADEMIK PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pramartha, I Putu Aris (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI ABILITAS AKADEMIK PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041022-COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041022-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041022-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif NHT dan abilitas akademik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan sebanyak 104. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang diambil secara random. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar, sedangkan data abilitas akademik dikumpulkan dengan tes potensi akademik. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dan dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPA (p<0,05); (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan abilitas akademik terhadap hasil belajar IPA (p<0,05); (3) pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik tinggi, hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT lebih baik daripada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (4) pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik rendah, hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, abilitas akademik, model pembelajaran kooperatif numbered heads together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Aris Pramartha
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:01
Last Modified: 18 Jul 2023 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item