Ari, Anak Agung Istri Putri (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS KELAS V GUGUS I GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041059-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041059-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041059-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam muatan IPS sehingga siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku digital dengan materi keberagaman budaya terhadap komptensi pengetahuan IPS kelas V. Uji rancang produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran, uji coba yang terdiri dari uji kepraktisan dan uji efektivitas. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tingkat validitas berdasarkan hasil uji oleh ahli media dan ahli materi sebesar 93,75%. Persentase rata-rata hasil uji kepraktisan sebesar 94,21% dengan kategori sangat praktis. Hasil hitung uji efektivitas yang telah dilakukan, diperoleh thitung sebesar 6,493 > 2,030 yang merupakan nilai ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri 5 Gianyar. Sehingga penggunaan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V materi keragaman budaya dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran buku digital, kontekstual, keragaman budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Anak Agung Istri Putri Ari |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16262 |
Actions (login required)
View Item |